Kamis, 25 November 2010

I-KOM 10 present

film "Fajar di hari minggu" ini adalah tugas dari ospek jurusan I-COMM 2010, gue bangga sama karya yang pas-pasan ini..
sebenernya ini film kedua yang pernah gue bikin. film pertama itu gw bikin pas kelas 2 SMA dan saat itu gue sebagai penulis cerita sekaligus sutradara, cukup baik lah buat kalangan anak SMA yang ga dikasih ilmu apa-apa tentang masalah teknik film dari gurunya, dan tau-tau disuruh bikin film tanpa ada kriterianya..

ini dia nih cuplikan filmnya:



film ini di perankan oleh Fajar Musthopa dari FISIP UNPAD jatinangor, menceritakan tentang cowok kampung yang bergaya sok keren yang pengen ketemuan sama pacarnya karna hubungan mereka long distance gitu. yang awalnya janjian hari minggu eh malah dateng hari senin karna pas malem minggunya Fajar mabok crispy mushroom, jamur disini bukan jamur biasa kalian bisa baca penjelasannya di blog gue juga tentang jamur ini. kenapa kami ambil adegan mabok "jamur" karna dia ga sanggup beli minuman keras dan di kampungnya pun ga ada yg jual minuman keras. nah di dalam perjalanan untuk ketemu sama pacarnya, banyak rintangan yang dia hadapi dari motor mogok, dikejar geng motor yang udah lama jadi musuhnya, ngegoda cewe cantik di warkop dan ternyata gagu, sampai motornya mogok juga ada.

film "Fajar di hari minggu" ini bergenre komedi. awalnya kita lemes banget dapet komedi, karna menurut gue itu sulit dibanding bikin film non romance dan thriller. karna harus lucu dan ga jayus, untungnya Tesa langsung mengungkapkan ide nya jadi kita ga perlu mikir lagi buat tema film nya..

karna salah satu panitia I-COMM bilang crew-nya harus kelompok kita sendiri, dan kalaupun mau pake orang luar ya cuma talent aja. terbentuklah kesepakatan untuk ngerjain film ini murni dari kerja tim kita sendiri tanpa bantuan orang lain. awalnya kita bingung masalah editing karna di dalam tim ini sama sekali ga ada yg bisa ngedit film, beberapa anggota tim kami mempercayakan gue dan ramond untuk ngerjain tahap editing ini (terpaksa gue dan ramond harus belajar untuk itu), gue sempet bilang ke anggota lain kalau masalah soundnya gue ga ngerti apa-apa, ya alhasil ternyata sound di software yang kami gunakan sama setelah di burning itu berbeda, sempet panik juga sih. tapi yaudahlah yaaaa bukan film komersil ini, masih bisa di re-edit buat dokumen sendiri. pada saat pengeditan juga komputer nya gak bersahabat sama kami, ngadat melulu sampai-sampai kita ngedit ulang lagi terus menerus, pas udah tiba untuk di render kembali ngehang, sempet nge-down dan film ini ga akan tayang, berkat dukungan dan nasehat anggota kelompok kami, kami jadi bangkit kembali..


sebenernya, di awal itu udah ada pembagian tugas dari promoting film sampe ke inti film nya. tapi ada banyak masalah yg datang sampe semuanya ga bisa terkoordinasi dengan baik. hal itu sih gue anggap sebagai tolok ukur dan jangan sampe terjadi lagi di semester 4 nanti pas tugas film.

gue mau ngucapin banyak terimakasih terutama buat Allah yang udah kasih banyak cobaan tapi dengan gitu kami puas dengan hasil kerja tim ini.
dan yang penting buat anggota tim I-KOM 10:
- ramond ardians atas kerjasama yang kuat, melek dari pagi sampe pagi lagi dan saling kasih solusi
- rizki arisanti udah nemenin begadang (walaupun gue ditinggal tidur), udah bantu rinciini pengeluaran kita, nemenin beli alat yang kita butuhin, ngelukis 10kaos dalam waktu sehari.
- adil pradipta udah tenangin kita lewat nasehatnya disaat kita stres, hilang arah dan hilang kendali,huahaha..
- fida sofwati dan alissa bana sory yeee kalo gue keluar emosi waktu itu, tengkyu udah mau bolak balik ke percetakan
- tesa m. yohan tengkyu brooo, udah nyumbang cerita, dan jadi sutradara.. sorry dan harap maklum ye sama kemampuan gue dan ramond, kita semua pemula dan ini kerja tim, kalau ga puas gue siap re-edit kok
- maulana indra, diyo lineri, dan chantika ridha tengkyu udah berkontribusi..


pas tadi premier, tanggal 25 jam 18.00 di aula kampus fikom unpad bandung, seru sih penontonnya lebih banyak dari tahun kemarin. ga ada HTM alias gratis, dapet pop corn dan soft drink juga. masing-masing tim dikasih 5 pertanyaan dari penonton tentang film yang kami buat.. huahhhhh tugas film selesai, sekarang fokus buat lauching product, oke gue siap buat romusha lagi..

Selasa, 23 November 2010

magnum walls si ice cream dewa :p

Kalau kalian ngaku penggemar ice cream sih pasti tau dong yaaaa produk dari walls yang bernama MAGNUM? Ice cream magnum ini sebenernya udah lama di produksi, dulu sih jaman-jaman gue SD harganya masih Rp.6.000 dan Cuma ada dua rasa ada magnum klasik yang isinya rasa vanilla sama satu lagi isinya rasa coklat, selain magnum gue juga suka banget tuh ice cream solero tapi sekarang udah ga di jual di Indonesia kayaknya..
Wahhh kalau kata anak gaul jaman sekarang tuh rasanya ice cream magnum ini dewa bangetlah, apa lagi coklatnya persis banget rasanya kayak coklat cadburry, jadi dengan lo beli ice cream ini, lo dapet banyak keuntungan sekaligus deh yang menimbulkan kepuasan tersendiri setelah makan magnum. gak bikin eneg kok walaupun bentuknya tebel gitu.
Oh ya, produk magnum ini sempat hilang dari peradaban gitu di Indonesia dalam beberapa tahun kemarin. Nah, di tahun 2010 ini produk magnum itu ada lagi (di tandai dengan adanya iklan magnum yang katanya kalau makan magnum bikin jadi kayak ratu gitu) karna sesuai dengan quote tentang kekuatan iklan "Good advertising is advertising that never forget by public even they are not buying the product on the spot and will always remember in their mind". Ada juga cara pemasaran lain kalau bahasa marketingnya sih BRAND ACTIVATING, walls bikin http://www.mymagnum.co.uk/. serta ada juga toko khusus buat ngejual magnum aja. Pokoknya gencar bangetlah promosi produk ini. langsung gue hunting nyari tuh ice cream dewa. Tapi sayangnya ice creamnya itu laku pesat mungkin karna banyak orang yang rindu sama buaian kelezatan dan kehadirannya, jadi gue sama sekali ga dapet. Dan akhirnya dapet magnum almond setelah sebulan hunting tuh ice cream terus-terusan. ini nih iklan yang bikin orang terhipnotis sama maknanya:

Yap, setelah gue searching-searching tentang ice cream magnum sana sini dari google, wikipedia, web walls, sampai ke kaskus. Akihrnya gue simpulkan, kalo kata wikipedia sih gini (nyari bahasa Indonesia gak ada, coba nyari di bahasa inggris eh langsung muncul):
Magnum is an ice cream brand owned by the British/Dutch Unilever company, and sold as part of the Heartbrand line of products in most countries (sold under the Wall'sbrand in the United Kingdom and others). The original 1987 Magnum (later rebranded as Magnum Classic) consisted of a thick bar of vanilla ice cream on a stick, covered with white or dark chocolate, with a weight of 86 gr (120 ml). In 1994 the company also started selling Magnum ice cream cones, and in 2002 an ice cream sandwich.
This is for Additional varieties
Starting in 1992 the company added Magnum Mint, Double Chocolate, and other flavors. In 2002 Magnum branched into frozen yogurt with their raspberry fruit swirl covered in milk chocolate. Moments were introduced which were bite-size ice cream treats with caramel, chocolate or hazelnut centres, followed later in the year by "mini", "crunchy" (with almonds) and "light". Late 2002 saw the launch of Magnum Intense (a chocolate truffle center enveloped in ice cream and covered with chocolate) and the limited edition 7 Deadly Sins series of ice creams, whose flavors were named after the seven deadly sinsSins was followed by another limited edition range in 2005 in which each flavor was named after one of the senses: Magnum Aroma, Magnum Touch, Magnum Sound, Magnum Taste and Magnum LORT
In Australia and New Zealand, the product is sold under the brand name Streets Ice Cream. In 2003 Streets brought out a limited edition series of ice creams known as The Sixties Nine featuring sixties-related names: John Lemon, Wood Choc, Jami Hendrix, ChocWork Orange, Peace ManGO, Cinnaman on the Moon, Cherry Guevara, Candy Warhol and Guava Lamp. Consumers who collected nine of these ice cream sticks could send them off to gain a free Magnum T-Shirt. The extreme popularity of the ChocWork Orange resulted in Streets selling it as the "Chocolate Orange" Magnum for some time after the remainder of the range was discontinued. Similarly, the Peppermint Envy of the Seven Deadly Sins range became "Peppermint" and is still available in Australia today.
In Greece and Romania, the Magnum brand name is owned by Delta/NestlĂ©, so the Unilever ice cream uses the name Magic.
In 2008 Magnum has brought out new variants in the UK - Mayan Mystica which is a chocolate ice cream Magnum blended with cinnamon, nutmeg and honey flavours, and Magnum Minis available in a variety of flavours. Eva Longoria is the face of Magnum in 2008. Also in 2008, Josh Holloway, from television's Lost, was selected as the first male spokesperson of Magnum in Turkey. Benicio del Toroand Caroline Correa starred in a television commercial for Magnum Gold, directed by Bryan Singer.
In 2009 they introduced Magnum Mini Moments. They came in 3 types of chocolate: milk, white and dark all with 5 different flavours including almond, truffle etc.
In China the Magnum name is retained, however there are fewer varieties; as of 2009 there are only vanilla, cappuccino, and crunchy. Mint and double chocolate were introduced in 2006/7 but were pulled from the market in 2008 (or possibly before).
Flavours and varieties
§  1989: original Magnum, later rebranded "Magnum Classic"
§  1992: Almond
§  1993: Chocolate
§  1993: White
§  1994: Cone Classic
§  1995: Walnut
§  1996: Nougat
§  1996: Cone Almond
§  1997: Orange Choc
§  1998: Ego
§  1999: Double Caramel
§  2000: Double Chocolate
§  2001: Caramel & nuts
§  2002: Sandwich
§  2002: Yoghurt Fresh
§  2003: Seven deadly sins (Lust, Sloth, Greed, Gluttony, Envy, Revenge, Vanity)
§  2004: Intense (Stick)
§  2004: Intense (Cup)
§  2005: Five Senses (Aroma, Touch, Vision, Sound, Taste)
§  2007: Ecuador Dark/Colombia Aroma/Temptation/java
§  2007: Mint
§  2008: Mayan mystica
§  2009: Moments
§  2010: Gold

Tapi sekarang yang di produksi sama walls dan yang gue liat dari web walls :
http://www.loveicecream.com/ Cuma ada beberapa variasi rasa, ini dia ice cream nya

Magnum Gold?

"Golden es krim" cracking susu coklat keemasan, es krim Vanilla didalamnya dengan pusaran karamel lezat.

Magnum Putih
Kesempurnaan untuk yang suka coklat putih. es krim vanilla, coklat putih dekaden. 

Double Magnum Caramel
Vanilla es krim, dicelupkan ke dalam double coklat Magnum. Di bawah eksterior yang sejuk terletak lapisan karamel tebal menggoda.

Magnum Mint
Dingin dan menyegarkan es krim mint putih dilapisi dengan coklat Magnum klasik dan ditaburi dengan potongan-potongan gula renyah. 

Magnum Almond
coklat susu dipenuhi dengan potongan-potongan almond chunk, dan es krim vanila krim dingin didalamnya.

Magnum temptation Chocolate
Temptation Cokelat - susu coklat kaya es krim yang diperkaya dengan saus coklat mewah dan berlimpahnya potongan coklat putih dan potongan brownies dikelilingi dalam lapisan coklat gelap. Juga tersedia dalam 3 paket!

Magnum Temptation Caramel & Almond
Temptation Caramel & Almond - kombinasi es krim vanila Madagaskar dengan potongan almond California disiram coklat Belgia gelap, saus karamel lembut semua dilapisi di shell coklat susu kental.

 

Mini Magnum Mint, Dark, Classic

Magnum Minis merupakan makanan ringan yang sempurna, setengah ukuran standar Magnum, bikin kita pengen makan lagi dan lagi! Ada rasa Mint, Dark dan Classic magnum dalam ukuran mini.

Magnum Ekuador Dark
coklat gelap dan mewah dibuat dengan kakao 62%, ice cream vanila didalamnya. Biarkan Magnum Ekuador Dark menggoda Anda. 

Magnum Minis liqueur

menggabungkan bahan berkualitas tinggi hanya dengan sejumput minuman favorit Anda dicampur dengan es krim Magnum halus yang Anda cintai. Pilih antara dua rasa yang unik dan lezat: es krim lemon terdiri dari Limoncello dilapisi coklat putih atau krim vanila nikmat dan krim Irlandia dilapisi coklat susu - cemilan sempurna untuk bersantai!

Minis Magnum Classic, Almond & White
Magnum Minis merupakan makanan ringan yang sempurna, setengah ukuran standar Magnum bikin kita pengen makan lagi dan lagi! Ada rasa Classic, Almond dan Putih magnum dalam ukuran mini.

Magnum Minis Chocolate Double & Double Carmel
Rasanya terbagi jadi Double Chocolate & Double Carmel Magnum Minis untuk ukuran mini.

Magnum yang ada di Indonesia cuma magnum klasik, almond, dan coklat. Kalau semua produk magnum di jual di Indonesia bisa-bisa tiap hari makanan pokok gue yang tadinya nasi di ganti sama ice cream magnum nih,haha.. oh iya, FYI Biasanya sih gue beli magnum di borma, hypermart, di minimarket terkenal juga ada. Tapi sayangnya stock magnum yang mereka sediakan dan banyaknya peminat/konsumen yang mau beli magnum. Yaaaa lebih banyak peminatnya..

Selasa, 16 November 2010

all about Fikom and Mankom Universitas Padjadjaran

Tharaaaaaaaaaa, ketemu lagi sama tugas I-COMM. Nah, kali ini yang bakal kita bahas adalah tentang sejarah HIMA MANKOM (Himpunan mahasiswa manajemen komunikasi). Eits, sebelum kita bahas tentang HIMA MANKOM, kita telusuri dulu yuk sejarah dari mulai lahirnya Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran sampai adanya HIMA MANKOM ini..

Pada tanggal 18 September 1960, Fakultas Djurnalistik dan Publisistik diresmikan secara tertulis dan masuk dalam yayasan Pembina Universitas Padjadjaran dengan sang Dekan Prof. Dr. Moertopo (dekan pertamanya Fikom nih). Nama Fakultas Publisistik dan Djurnalistik kemudian diganti menjadi Fakultas Publisistik. Nama ini lagi-lagi diubah sebab mengacu pada perubahan Fakultas menjadi institut. Alhasil Institut Publisistik Unpad sempat dikenal pada masa itu. Kemudian nama ini disesuaikan lagi menjadi nama semula, Fakultas Publisistik Unpad.
1 November 1965, Fakultas Publisitik terbagi dalam 3 buah jurusan: Jurnalistik, Public Relations, dan Penerangan (yang sekarang namanya diganti menjadi Manajemen Komunikasi/Mankom dan di dalamnya ada sub jurusan lagi yaitu konsentrasi media, konsentrasi marketing, konsentrasi TTC/Training and Consulting). Nama Fakultas diubah lagi menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi dan mempunyai dua lokasi kampus yaitu di Jatinangor dan Bandung.
8 Desember 1983 jurusan Ilmu Perpustakaan resmi bergabung menjadi jurusan termuda di lingkungan kampus Fikom Unpad.
Juli 1998 Fikom Unpad resmi membuka program studi Diploma (D-III). Program studi Diploma ini dikenal dengan Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT) dengan dua jurusan: Penyiaran dan Kehumasan. tahun 1999, menambah 2 lagi jurusannya yakni Periklanan dan Komunikasi Bisnis. tahun 2000, menambah 1 jurusan lagi yaitu Perpustakaan.
Ada juga program Ekstensi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Perpustakaan yang telah dibuka sejak awal tahun akademik 1997/1998. Gedung ekstensi ini sempat berpindah tempat dari jalan Dago yang kini gedungnya dipakai oleh fakultas D4 Kebidanan, lalu pindah ke jalan Dago Pojok sampai sekarang. Tapi, Fikom kampus Bandung ini juga ada kelas S1 regulernya (kelas pagi), dan program ekstensi nya (kelas sore). Fikom kampus Bandung hanya memiliki 3 jurusan: Mankom(manajemen komunikasi), Public Relations (Humas), dan Jurnalistik


HIMA FIKOM UNPAD
(Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran)
Nah, sekarang kita bahas tentang HIMA (Himpunan Mahasiswa) di Fikom Kampus Bandung aja yaaa, karna kampus saya disini,hehe.. Sebenarnya sih Fikom itu satu, karena lokasinya di bagi dua (jatinangor dan Bandung) jadi ketua HIMA nya pun 2, mungkin untuk mempermudah pengelolaannya. Di kampus ini ada 3 HIMA: HIMA MANKOM, HIMA JURNAL, dan HIMA HUMAS. Awal mula dibentuknya organisasi HIMA ini, sebagai wadah penyalur aspirasi mahasiswa di tiap jurusannya, HIMA juga mengadakan acara pengenalan jurusan atau lebih akrab dengan nama ospek jurusan yang dilaksanakan setiap tahun setelah mahasiswa baru memilih jurusan/penjurusan. HIMA jurnalistik (tagline dalam osjurnya “REG (Spasi) JURNAL”), HIMA MANKOM (taglini dalam osjurnya “I-COMM komunitas berkreatifitas”), HIMA HUMAS (tagline dalam osjurnya “process”).


HIMA MANKOM (Himpunan Mahasiswa Manajemen Komunikasi)
HIMA Mankom ini berdiri di bawah naungan BEM Fikom Unpad Kampus Bandung. Saya tidak tau siapa ketua pertama dan tahun tepat berdirinya HIMA Mankom ini. Yang saya tau, HIMA Mankom ini sempat vakum dalam waktu yang cukup lama. Lalu mulai di aktifkan kembali oleh saudara Irfan Rizaldi, yang pada saat itu menjabat sebagai ketua HIMA Mankom. Ia mengungkapkan bahwa mereka(HIMA Mankom) mempunyai program untuk melaksanakan kegiatan dengan mengambil tiga segmen, yaitu religi, entertaint dan edukasi. Lalu kepemimpinannya dilanjutkan oleh saudara Reza Setiawan Muharram sampai saat ini. menurut yang saya lihat di situs facebook hima mankom fikom bandung, hima ini lahir pada tanggal 12 November. HIMA Mankom identik dengan warna ungu dan memiliki slogan Komunitas Berkreatifitas. kenapa ungu??? katanya sih mankom itu gebungan dari jurnalistik (yang warna sebenarnya itu biru dongker bukan hitam kalau di jatinangor sih emang biru dongker) dan public relations (identik dengan warna merah). kenapa digabung? karna mankom itu matakuliahnya ada yang dipelajari di jurnalistik ada juga yang di public relations. Tiap tahunnya mereka mengadakan acara pengenalan jurusan atau lebih akrab dengan nama ospek jurusan, setelah mahasiswa baru memilih jurusan/penjurusan, dengan nama I-COMM. Berikut ini macam-macam divisi di dalam HIMA Mankom:
-DEPARTMENT OF HUMAN RESOURCE (HRD)-
Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu divisi dari HIMA yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas anggota-anggotanya dengan tujuan mengembangkan intelektualitas dan ingin mengaktualiasikan dirinya secara aktif dalam pengembangan karakter dan kepribadian profesi manajemem komunikasi. Berbagai macam kegiatan Divisi SDM bergerak sesuai dengan tingkat kebutuhan dan ketertarikan mahasiswa Jurusan ilmu Mankom serta mengimplementasikannya dalam kegiatan-kegiatan.
-RESEARCH & DEVELOPMENT DEPARTMENT-
Research and development department merupakan suatu divisi dalam HIMA MANKOM yang memiliki fungsi melakukan kegiatan-kegiatan untuk menggali upaya-upaya perbaikan Hima Mankom yang agak cukup lama mengalami mati suri sebelum kepengurusan ini terbentuk. Riset untuk mengembangkan organisasi, training organisasi, evaluasi organisasi, pembuatan database yang menunjang pengembangan organisasi merupakan beberapa hal yang dilaksanakan oleh divisi ini.
-PUBLIC RELATION DEPARTMENT-
Sebuah divisi dalam HIMA MANKOM yang mempunyai tugas untuk membangun kerjasama, saling pengertian, saling menghargai dengan komunikasi dua arah dan juga memiliki fungsi manajemen yang membentuk dan mengelola hubungan saling menguntungkan antara organisasi dan luar organisasi.
-SYSTEM INFORMATION DEPARTMENT-
System Information merupakan divisi dalam hima mankom yang berperan dan mempunyai fungsi untuk mengelola dan membuat segala bentuk media informasi agar segala informasi mengenai kegiatan hima dapat dilihat seluruh masyarakat fikom unpad bandung pada khususnya dan publik pada umumnya.
-MAINTENACE & EQUIPMENT DEPARTEMENT-
Maintenace and equipment department merupakan divisi dalam HIMA MANKOM yang memiliki fungsi untuk memelihara segala barang adventaris HIMA dan mempersiapkan segala kebutuhan yang dibutuhkan dalam proses kegiatan hima.


sayangnya HIMA Mankom Fikom Unpad kampus Bandung ini kurang aktif ya. jarang mengadakan acara-acara yang bisa menunjang karir mahasiswa/i nya di masa yang akan datang. karna kata pak Deddy Rumawan (dosen fikom bandung dan nangor), di jatinangor tuh HIMA Mankom nya setiap 6 bulan sekali mengadakan sharing (semacam seminar) dari alumni-alumni fikom yang sudah sukses khususnya dari jurusan mankom. acara tersebut bisa dijadikan tolok ukur atau pun pengajaran buat mahasiswa/i fikom.

semua akan menjadi indah jika kita mengindahkannya

suatu hari ada sepasang kekasih yang telah bertunangan..
lalu saat malam minggu tiba, si cowo ngapel ke tempat cewe nya..
mereka saling bercanda tawa dan saling curhat tentang kegiatan masing-masing selama seminggu itu, dalam perbincangan, si cewe baca majalah dan menunjukkan satu artikel yang ada didalamnya kepada cowonya yaitu tentang menjaga hubungan dengan pasangan..

"Masing-masing mencatat hal-hal yang kurang di sukai dari pasangan kita. Kemudian, bahas satu sama lain bagaimana merubah hal-hal tersebut dan membuat hidup pernikahan kita bersama lebih bahagia....." kata-kata ini tertulis di artikel tersebut. si cowo setuju untuk melakukan apa yang dikatakan oleh artikel di majalah tersebut, karena mereka ingin pernikahan mereka nanti langgeng dan mesra selalu..

waktu telah malam dan si cowo itu pun pulang, mereka satu sama lain di beri waktu satu malam untuk memikirkan hal tersebut dan berjanji tidak akan tersinggung ketika pasangannya mencatat hal-hal yang kurang baik karna hal tersebut untuk kebaikkan mereka bersama. lalu akan mendiskusikan serta membahasnya besok..

keesokan harinya mereka bertemu..
"aku duluan ya, tapi janji kamu jangan marah, kan ini demi kebaikan kita juga", kata si cowo..
wowww yang dia tulis tentang si cewenya itu sekitar 2 lembar. dan rata-rata si cowo itu pengen dari segi fisik si cewe diubah agar menyerupai artis wanita yang dia idolakannya. Ketika ia mulai membacakan satu persatu hal yang gak dia sukai dari cewenya, dia memperhatikan bahwa airmata si cewe mulai mengalir..

"Maaf, apa aku harus berhenti ?" tanyanya.

"Oh gak, lanjutin aja." jawab cewenya sambil tersenyum di balik tangisnya.

Lalu si cowo lanjut membacakan semua yang terdaftar, kemudian melipat kertasnya dengan manis diatas meja dan berkata dengan bahagia "Sekarang gantian ya, kamu yang baca daftarmu".

Dengan suara perlahan si cewe bilang "Aku gak mencatat sesuatupun di kertasku. Aku pikir bahwa kamu udah sempurna, dan aku gak mau merubahmu. kamu ya kamu. kamu tampan dan baik bagiku."

Si cowo tersentak dan tersentuh denger pernyataan dan ungkapan isi hati cewenya. cewenya menerimanya dia apa adanya. Ia pun menunduk dan menangis, pasti cewenya sakit hati banget karna pernyataan si cowo tadi..



Dalam hidup ini, kita sering merasa dikecewakan, depresi, dan sakit hati. padahal kita gak perlu menghabiskan waktu buat memikirkan hal itu. Hidup ini penuh dengan keindahan, kesukacitaan dan pengharapan. akan jadi lebih indah kalau kita menganggap semua itu sebagai pelajaran saja. belajar mensyukuri apa yang telah diberikan tuhan kepada kita. selalu tersenyum untuk orang-orang disekitar kita walaupun dalam hati menangis. nyata nya hidup itu sangat berat dan akan terlihat ringan kalau kita bisa mensyukuri segalanya :)

workshop film and advertising I-COMM

Senin, 15 November 2010 hari ini panitia I-COMM mengadakan acara workshop tentang film dan advertising..
Wah, spertinya gue salah start bikin film nih, masa bikin film duluan baru workshopnya,haha.. tapi gak apa-apalah kan itung-itung bisa memperbaiki kesalahan atau mengatasi kesulitan selama kami shooting..
Acara workshop ini dilaksanakan pukul 15.00 setelah kami kuliah manajemen produksi siaran radio. Untuk pembicara pertama tentang pembuatan film yaitu kang Dienan Silmy, dia mahasiswa humas fikom unpad jatinangor, tapi udah punya lumayan banyak pengalaman dibidang film. Sebelumnya juga gue udah kenal dia sih di UKM (unit kegiatan mahasiswa) Layar Fikom. Dia membahas semua yg dibutuhkan dalam pembuatan film dari awal sampai akhir pembuatannya, nih beberapa materi yang dia bahas selama workshop:

Tahap Pelaksanaan Produksi FILM
Waktu dia ngebahas tentang tahap pelaksanaan produksi kok gw agak aneh ya, dia Cuma ngebagi 3 tahap -> pre production, production, dan post production. padahal yang gue tau dari bokap gue (karna dia orang film), itu sebenernya ada 4 tahap ->Pre Production & Planning, Set-up & Rehersal, Production, Post Production. Oh, mungkin yg dimaksud kang silmy tahap set-up itu dimasukin ke tahap pre-production kali yaaa? Nih bahasannya tentang tahap pelaksanaan produksi:
1.      Pre Production & Planning
-          Proses awal dari seluruh kegiatan produksi
-          Pemunculan ide dan gagasan (tema dan karakterisasi)
-          Penuangan konsep(sinopsis/isi cerita dan treatment/jalan cerita)
- Skenario (10-20% pengenalan karakter, 70% masalah, konflik, klimaks)
-          Pertemuan rapat-rapat
-          Perubahan produksi
-          Perencanaan produksi
-          Evaluasi pre production&planning
2.      Set-up & Rehersal
-          Persiapan yang bersifat teknis
-          Mencoba semua peralatan
-          Melibatkan artis pendukung
-          Latihan-latihan ringan (misal:reading untuk talent)
-          Evaluasi rehersal
3.      Production
-          Tahap puncak dari semua pelaksanaan produksi
-          Melibatkan semua kerabat kerja produksi. untuk seorang sutradara harus mempunyai kemampuan dalam mengatur blocking, camera, image design, dramatic content, dan sound design
-          ini merupakan langkah final sebelum tahap editing
4.      Post Production
-          Tahap akhir produksi
-         Meliputi pekerjaan: editing, dubbing, mixing, tittling, animasi gambar (menambah grafis, cahaya/pemolesan gambar yang kurang sempurna). dalam proses editing bisa terbagi menjadi 3 tahap, yaitu: materi, off line edit, online edit, released copy

Selain ngebahas tentang tahap pelaksanaan produksi, dia juga membahas tentang teknik pengambilan gambar melalui kamera dan pergerakan-pergerakan kamera, misalnya:
  Zoom In & Zoom Out
Istilah Zoom in digunakan untuk memperdekat penglihatan objek melalui gerakan lensa didalam kamera. Sedangkan zoom out digunakan untuk menjauhkan penglihatan objek melalui gerakan didalam kamera.
  Pan Right & Pan Left
Istilah pan right digunakan kamera untuk mengikuti pergerakan objek ke kanan dengan posisi kamera yang diam di tempat. Begitu juga untuk pen left, tapi kalau pan left arahnya ke kiri.
  Tilt Up & Tilt Down
Istilah tilt up digunakan untuk mengambil gambar objek dari bawah ke atas dengan posisi kamera yang diam di tempat. Begitu juga sebaliknya dengan tilt down yang mempunyai arah dari atas ke bawah.
  Dolly Shot (in & out)
Istilah ini digunakan untuk pengambilan gambar dengan menggunakan kamera yang disanggah pakai tripod dan dibawahnya pakai besi yang menyerupai rel, bisa digerakan ke depan dan ke belakang.
  Follow Shot
Digunakan untuk kamera yang mengikuti objek dengan berpindah tempat
Dan masih ada beberapa istilah lagi dalam teknik pengambilan gambar. Mmmh, terus kita bahas tentang camera angle:
LONG SHOT : pengambilan gambar dengan jarak yang jauh
MEDIUM LONG SHOT : pengambilan gambar dari ujung kaki sampai ujung kepala
MEDIUM CLOSE UP : pengambian gambar setengah badan
CLOSE UP : pengambilan gambar full face
EXTREME CLOSE UP : pengambilan gambar salah satu anggota badan(co/: mata)
LOW ANGLE : pengambilan gambar dari satu sudut
EYE LEVEL ANGLE : pengambilan gambar yang sejajar dengan mata kita
BIRD EYE LEVEL / HIGH LEVEL : pengambian gambar dari atas seperti burung yang sedang  terbang diawan lalu melihat ke bawah
ONE SHOT : pengambilan gambar dengan objek tunggal
TWO SHOT : pengambilan gambar dengan objek ganda
GROUP SHOT : pengambilan gambar dengan objek yang banyak/grup
Dan masih ada beberapa istilah lagi dalam camera angle ini. Setelah pembahasan ini, kang Silmy juga ngasih contoh demo film yang pernah dia bikin.


ADVERTISING
Iklan? Apa sih iklan itu? Manfaatnya apa?
Iklan itu dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian dan mendorong atau membujuk pembaca iklan agar memiliki atau memenuhi permintaan pemasang iklan. Nah untuk sesi yang kedua workshop ini membahas tentang advertising atau periklanan, pembicaranya dosen dari fikom jatinangor juga (namanya pak Rahman), yang udah lama bergabung di dunia advertising. Dia juga udah lumayan banyak memproduksi iklan. Sayangnya dalam workshop ini dia lebih membahas tentang pengalaman-pengalamannya ya.. mmmmmmmhh, tapi it’s oke lah pengalaman beliau juga sangat menarik.
Pertama-tama sih dia bercerita tentang kehidupannya semasa kuliah dulu yang dia lakukan sambil kerja di suatu perusahaan advertising sampai dia jadi dosen sekaligus pegawai di perusahaan advertising, terus dia ngasih contoh-contoh iklan (sprite yang temanya shaolin, djarum coklat dengan tema alam dan anak bandnya yang maknanya nyindir malaysia yang selalu ngaku-ngakuin kebudayaan Indonesia). Ternyata maksud yang dia sampaikan melalui penayangan iklan tersebut ada sangkut-pautnya sama bagaimana membuat iklan. iklan harus memenuhi syarat-syarat iklan yaitu sebagai berikut:
1. Bahasa Iklan
- Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, sopan, dan logis
- ungkapkan atau majas yang digunakan untuk memikat dan sugestif
- Disusun secara singkat dan menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan
2. Isi iklan
- objektif dan jujur
- singkat dan jelas
- tidak menyinggung golongan tertentu atau produsen lain
- menarik perhatian banyak orang.
Bikin iklan itu harus punya modal kreatifitas yang sangat besar. Karna kalau gak gitu ga bakal ada konsumen dan produsen yang tertarik buat ngangkat iklan itu. "what to say" dan "how to say" adalah dua kata penting dalam periklanan. tahap-tahap dalam what to say adalah research, strategi, dan evaluasi. Iklan yang waktu tayangnya Cuma sekitar 30 detik bisa menghasilkan uang sampai beratus-ratus juta loh. Dia juga mempertunjukkan beberapa video iklan yang pernah dia bikin dan di ACC sama produknya misalnya produk accu GS Astra, dia banyak bercerita tentang pembuatan iklannya juga.
Karna gue agak gak puas dengan workshop advertising ini, seng-iseng gue search di google tentang iklan, kalian bisa baca di link: http://peni-usd.vox.com/library/post/kegiatan-belajar-1-proses-kreatif-pembuatan-iklan.html itu recomended banget soalnya dijelasin secara lengkap tentang iklan.
Oke segini dulu aja yaaa mood lagi ga menentu jadi susah buat berpikir,haha.. semoga tulisan gue bermanfaat buat kalian :)



NB: oh iya, buat "kakak-kakak" semua tugas osjur ini MURNI hasil dari jerih payah gue search di internet, nyatet pembicaraan  narasumber workshop, dan hasil tanya jawab gue dengan bokap gue