Rabu, 01 Desember 2010

mankom? apa tuh jadinya?


Semua tugas-tugas yang diberikan dalam rangkaian osjur I-COMM ini, kalau di tela’ah lebih dalam ternyata ada sangkut pautnya juga loh sama mata kuliah dan prospek kerja dari bidang mankom ini. Seperti yang pernah gue dapet di awal perkuliahan waktu gue baru penjurusan, Pak Dedi Rumawan seorang dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, khususnya jurusan mankom. Menjelaskan tentang prospek setelah lulus, bisa kerja dibidang apa aja nantinya.
Di bidang media, seorang lulusan mankom bisa bekerja sebagai:
         Media Analyst (Media Consultant)
         Media Researcher
         Media Monitoring
         Media Marketer
         Media Planner
         Media Programmer (Media Creative)
         Media Trainer
         Media House Specialist
         Media Entrepreneur

Di bidang marketing, seorang lulusan mankom bisa bekerja sebagai:
         Brand Manager
         Brand Activator
         Brand Specialist (Brand Consultant)
         Marketing Communication Officer
         Marketing Research Officer
         Strategic Planner
         Event Organizer
         Advertising Agency Enterpreneur
         Business Development Specialist

Di bidang trainee consultant, seorang lulusan mankom bisa bekerja sebagai:
         Trainer & Lecturer
         Public Speaker (Motivator)
         Knowledge Management Enterpreneur
         Training Planner
         Training Monitoring Officer
         Training Evaluator
         Training Media Specialist
         Content Management Specialist
         Education Counselor

Woww, banyak banget ya prospek kerja lulusan mankom ini, awalnya gue ragu dengan prospek kerja dari jurusan ini (karna dulu belum ada penyuluhan tentang prospek kerjanya). Awalnya gue semangat banget buat jadi seorang jurnalis atau news anchor, berhubung gak dapet izin dari orang tua karna keadaan gue yang sering sakit. Jadi gue pilih mankom media biar masih ada peluang buat kerja di media, tapi setelah lihat dan mendapat penjelasan prospek kerja mankom yang bisa masuk ke segala bidang dari pak Dedi Rumawan, gue jadi tambah semangat buat cepet-cepet lulus dan terjun ke dunia kerja. Kalau gue perhatiin tugas-tugas osjur I-COMM ini masuk di ketiga bidang diatas, misalnya tugas film, iklan, untuk membuat atau menghasilkannya diharuskan mempunyai kemampuan seperti yang ada di persyaratan untuk menjadi seorang Media Entrepreneur, Media Programmer (Media Creative), Media Marketer, Media Planner, dan masih banyak lagi.
Untuk tugas launching product, juga diperlukan keahlian yang sama seperti persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Brand Manager, Brand Activator, Marketing Communication Officer, Strategic Planner, Event Organizer, Advertising Agency Enterpreneur, dan masih banyak lagi.
Dan semua itu bisa terbantu dan berjalan jika ada seseorang yang menjadi Trainer & Lecturer, Public Speaker (Motivator), Knowledge Management Enterpreneur, Training Monitoring Officer, Training Evaluator, Training Media Specialist, dan masih banyak lagi sesuai yang udah gue sebutin diatas. Menurut gue, inti dan sumber ilmunya sih dari bidang ini karna tanpa seorang dosen atau guru, kemampuan seseorang pasti terbatas dan gak bisa terasah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar