Kamis, 25 November 2010

I-KOM 10 present

film "Fajar di hari minggu" ini adalah tugas dari ospek jurusan I-COMM 2010, gue bangga sama karya yang pas-pasan ini..
sebenernya ini film kedua yang pernah gue bikin. film pertama itu gw bikin pas kelas 2 SMA dan saat itu gue sebagai penulis cerita sekaligus sutradara, cukup baik lah buat kalangan anak SMA yang ga dikasih ilmu apa-apa tentang masalah teknik film dari gurunya, dan tau-tau disuruh bikin film tanpa ada kriterianya..

ini dia nih cuplikan filmnya:



film ini di perankan oleh Fajar Musthopa dari FISIP UNPAD jatinangor, menceritakan tentang cowok kampung yang bergaya sok keren yang pengen ketemuan sama pacarnya karna hubungan mereka long distance gitu. yang awalnya janjian hari minggu eh malah dateng hari senin karna pas malem minggunya Fajar mabok crispy mushroom, jamur disini bukan jamur biasa kalian bisa baca penjelasannya di blog gue juga tentang jamur ini. kenapa kami ambil adegan mabok "jamur" karna dia ga sanggup beli minuman keras dan di kampungnya pun ga ada yg jual minuman keras. nah di dalam perjalanan untuk ketemu sama pacarnya, banyak rintangan yang dia hadapi dari motor mogok, dikejar geng motor yang udah lama jadi musuhnya, ngegoda cewe cantik di warkop dan ternyata gagu, sampai motornya mogok juga ada.

film "Fajar di hari minggu" ini bergenre komedi. awalnya kita lemes banget dapet komedi, karna menurut gue itu sulit dibanding bikin film non romance dan thriller. karna harus lucu dan ga jayus, untungnya Tesa langsung mengungkapkan ide nya jadi kita ga perlu mikir lagi buat tema film nya..

karna salah satu panitia I-COMM bilang crew-nya harus kelompok kita sendiri, dan kalaupun mau pake orang luar ya cuma talent aja. terbentuklah kesepakatan untuk ngerjain film ini murni dari kerja tim kita sendiri tanpa bantuan orang lain. awalnya kita bingung masalah editing karna di dalam tim ini sama sekali ga ada yg bisa ngedit film, beberapa anggota tim kami mempercayakan gue dan ramond untuk ngerjain tahap editing ini (terpaksa gue dan ramond harus belajar untuk itu), gue sempet bilang ke anggota lain kalau masalah soundnya gue ga ngerti apa-apa, ya alhasil ternyata sound di software yang kami gunakan sama setelah di burning itu berbeda, sempet panik juga sih. tapi yaudahlah yaaaa bukan film komersil ini, masih bisa di re-edit buat dokumen sendiri. pada saat pengeditan juga komputer nya gak bersahabat sama kami, ngadat melulu sampai-sampai kita ngedit ulang lagi terus menerus, pas udah tiba untuk di render kembali ngehang, sempet nge-down dan film ini ga akan tayang, berkat dukungan dan nasehat anggota kelompok kami, kami jadi bangkit kembali..


sebenernya, di awal itu udah ada pembagian tugas dari promoting film sampe ke inti film nya. tapi ada banyak masalah yg datang sampe semuanya ga bisa terkoordinasi dengan baik. hal itu sih gue anggap sebagai tolok ukur dan jangan sampe terjadi lagi di semester 4 nanti pas tugas film.

gue mau ngucapin banyak terimakasih terutama buat Allah yang udah kasih banyak cobaan tapi dengan gitu kami puas dengan hasil kerja tim ini.
dan yang penting buat anggota tim I-KOM 10:
- ramond ardians atas kerjasama yang kuat, melek dari pagi sampe pagi lagi dan saling kasih solusi
- rizki arisanti udah nemenin begadang (walaupun gue ditinggal tidur), udah bantu rinciini pengeluaran kita, nemenin beli alat yang kita butuhin, ngelukis 10kaos dalam waktu sehari.
- adil pradipta udah tenangin kita lewat nasehatnya disaat kita stres, hilang arah dan hilang kendali,huahaha..
- fida sofwati dan alissa bana sory yeee kalo gue keluar emosi waktu itu, tengkyu udah mau bolak balik ke percetakan
- tesa m. yohan tengkyu brooo, udah nyumbang cerita, dan jadi sutradara.. sorry dan harap maklum ye sama kemampuan gue dan ramond, kita semua pemula dan ini kerja tim, kalau ga puas gue siap re-edit kok
- maulana indra, diyo lineri, dan chantika ridha tengkyu udah berkontribusi..


pas tadi premier, tanggal 25 jam 18.00 di aula kampus fikom unpad bandung, seru sih penontonnya lebih banyak dari tahun kemarin. ga ada HTM alias gratis, dapet pop corn dan soft drink juga. masing-masing tim dikasih 5 pertanyaan dari penonton tentang film yang kami buat.. huahhhhh tugas film selesai, sekarang fokus buat lauching product, oke gue siap buat romusha lagi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar